EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK IDHATA I KELURAHAN TA KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Authors

  • Nur Rahmawati PIAUD STAI AL-GAZALI BONE

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran anak usia dini di TK Idata I Kelurahan TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis induktif meliputi pengumpulan data, kodefikasi topik dan kategori, pencarian pola. Teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran di TK Idata I Kelurahan TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, sebagai proses penetapan pengukuran dan penilaian terhadap pembelajaran dilakukan oleh guru yaitu untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap peserta didiknya, sesuai dengan perkembangan anak, dalam perkembangan pembelajaran guru menentukan karakteristik dari setiap anak dan menyiapkan alat evaluasi untuk menentukan nilai. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu (1) Merumuskan tujuan dilaksanakan evaluasi, dalam menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada anak untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, serta mengenal latar belakang anak yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar anak. (2) Menyiapkan alat atau teknik evaluasi, yaitu dengan pengamatan langsung kepada masing-masing anak dan melakukan pemberian tugas. (3) Menetapkan kriteria evaluasi, menetapkan aspek-aspek yang dievaluasi pada anak yaitu nilai moral dan agama, bahasa, kognitif, fisik motorik, sosial emosional, dan seni. (4) Mengumpulkan data, melakukan pengamatan kepada anak dalam pembelajaran. (5) Menentukan nilai, dengan membuat raport untuk mengetahui sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam implementasi evaluasi pembelajaran perlu sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program evaluasi selanjutnya.

Downloads

Published

02/20/2024